Glitter Words Myspace Comments

Senin, 18 Oktober 2010

PERNAFASAN

Tujuan

Untuk mengetahui perbandingan antara gerak pernafasan serangga dan tumbuhan, yang mana lebih cepat pernafasannya serta dapat menghitung jumlah gerak pernafasan serangga dan tumbuhan selama 5 menit I, II, III dengan cara mempraktekkannya.

Alat dan Bahan
 Serangga (Belalang)
 Kecamba / Toge
 Botol kecil
 Pipet
 Mistar
 Air
 Penyangga
 Body Lotion
 Mistar

Analisis Data
Dari hasil pengamatan yang saya dapatkan bahwa belalang dan kecamba bernafas tapi keduanya mempunyai pergeseran yang kadang lancar dan kadang lambat.
Pada belalang mempunyai gerak pernafasan sangat cepat dibanding pada kecamba, serangga pada 5 menit I mempunyai pernafasan sangat cepat kemudian pada 5 menit II mempunyai pergeseran kadang cepat dan kadang lambat dan pada 5 menit III mempunyai gerak pernafasan sama dengan 5 menit I pada 5 menit III mempunyai pergeseran hanya bergerak sedikit dibanding dengan 5 menit I. Sedangkan pada kecamba mempunyai gerak pernafasan sangat lambat pada 5 menit I mempunyai gerak pernafasan lambat dan kadang bergerak cepat, kemudian 5 menit II mempunyai gerak pernafasan cepat dan lambat, dan 5 menit III mempunyai pergerakan sangat cepat. Jadi yang lebih cepat gerak pernafasannya yaitu serangga dibanding dengan kecamba.

Prosedur Kerja
 Siapkan alat dan bahan
 Botol dan penutupnya, penutup botol dilubang sesuai ukuran pipet kemudian botol ditutup sebelum diberi belalang atau kecamba
 Setelah itu diujung pipet diberi air sedikit di ujung pipet dan memberi body lotion di lubang penutup botol dekat pipet
 Kemudian menghitung gerak perpindahan air tersebut selama 5 menit I, II, III.
 Kemudian catat hasil yang didapatkan.

Hasil Pengamatan
 Pada Belalang
No Waktu Gerak Perpindahan air (cm)

1
2
3
5 menit I
5 menit II
5 menit III
13 cm
12 cm
13 cm




 Pada Kecamba
No Waktu Gerak Perpindahan air (cm)

1
2
3
5 menit I
5 menit II
5 menit III
13 cm
12 cm
13 cm



Kesimpulan
Sebelum mengetahui pernafasan belalang dan kecamba terlebih dahulu kita mengamati / mempraktekkannya terlebih dahulu. Belalang dan kecamba mempunyai gerak pernafasan kadang cepat dan kadang lambat dan pada belalang mempunyai gerak pernafasan sangat cepat dibanding dengan kecamba.


Guru Pembimbing

Download File Risnawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar